Skip to main content

Lebih pentingan mana, RAM atau CPU untuk Smartphone Android?

Lebih bagus RAM besar atau CPU yang cepat, RAM vs CPU Android, Perbandingan RAM dan CPU Android, RAM dan CPU Android yang Ideal, mana yang harus dipilih RAM besar atau CPU yang cepat, Fungsi RAM Android, Fungsi CPU Android

Tidak bisa dipungkiri memang, sekarang ini jelas ada banyak sekali jenis dan tipe Smartphone Android yang bisa kalian temukan dipasaran dengan beragam Spesifikasi dan Harga yang berbeda-beda sesuai dengan kelasnya.

Sebenarnya dengan kondisi ini, jelas kita akan sangat diuntungkan, karena kita bisa dengan mudah untuk memilih Smartphone Android mana yang akan kita beli dan sesuaikan dengan Budget yang kita miliki.

Tetapi, kondisi ini juga membuat sebagian orang menjadi bingung, dengan alasan karena terlalu banyak jenis variasi Smartphone Android, baik itu lokal ataupun yang sudah Branded, sehingga para calon pembeli tersebut akan menjadi bingung untuk memilih mana Smartphone Android terbaik yang ingin mereka beli.

Seperti yang kalian ketahui, semua Smartphone Android itu pasti ada saja kekurangannya dan umumnya satu buah Smartphone Android tersebut, hanya memiliki 1 atau 2 buah fitur unggulan saja, dalam kasus ini yang kita bicarakan adalah terkait masalah Spesifikasinya.

Jika, kalian berniat untuk membeli sebuah Smartphone Android dikelas menengah atau entry-level, maka jelas masalah ini akan menjadi krusial untuk kalian pertimbangkan, karena pastinya kalian menginginkan Smartphone Android yang terbaik dengan Budget yang kalian miliki bukan?

Ya! hal ini memang manusiawi memang, karena kami sendiripun juga berpikiran demikian, tetapi sebenarnya hal ini tidak akan terlalu penting, jika kalian memang sudah sangat cinta dengan suatu Brand tertentu, sehingga Spesifikasi tidak akan menjadi penting dalam kasus ini.

Tetapi, bagaimana jika kalian adalah seorang yang tidak memperdulikan nama suatu Brand Smartphone Android seperti kami? maka sudah jelas perkara Harga dan Spesifikasi ini akan menjadi pertimbangan yang paling penting diatas segalanya.

Sebenarnya mudah saja, jika kalian mempunyai budget lebih dan ingin memiliki sebuah Smartphone Android yang benar-benar handal dan canggih, maka sudah pasti Smartphone Android yang harus kalian beli adalah sebuah Smartphone Android Flagship kelas atas.

Karena biasanya, Smartphone Android kelas atas tersebut, sudah dibekali dengan semua Spesifikasi tercanggih dan mutakhir yang ada sekarang ini, maka dalam hal ini kepuasan kalian dalam menggunakan Smartphone Android tersebut akan terjamin sepenuhnya.

Namun, bagaimana jika kalian hanya mampu membeli sebuah Smartphone Android kelas menengah dengan budget terbatas? maka sudah jelas kalian harus berpikir keras dan harus banyak mencari informasi terkait perbandingan antar Smartphone Android terbaik yang bisa kalian jangkau dengan budget yang kalian miliki tersebut.

Lalu, faktanya hal yang selalu dibandingkan adalah pasti kalau bukan jumlah RAM ya jelas pasti CPU!

Nah, kedua hal ini memang menjadi sebuah Spesifikasi kunci dari sebuah Smartphone Android tersebut, karena kedua buah Spesifikasi ini memang sangat kuat kaitannya dengan Performa yang ada di Smartphone Android yang akan kalian miliki nantinya.

Maka, dengan demikian inilah yang akan menjadi pembahasan utama kita kali ini, yaitu terkait masalah kegalauan yang sering terjadi, karena disini kalian harus memilih, lebih baik Smartphone Android dengan RAM besar atau CPU yang cepat? maka disini kami akan gambarkan sudut pandang yang kami miliki, untuk menerjemahkan situasi tersebut.


RAM dan CPU Android


Seperti yang sudah kami singgung diatas, pada faktanya RAM dan CPU itu adalah sesuatu yang teramat penting untuk sebuah Smartphone Android, karena sebenarnya kedua hal ini memang berkaitan satu sama lainnya.

Dengan adanya kombinasi RAM dan CPU yang bagus, maka akan tercipta hasil yang ideal, sehingga kalian bisa menggunakan Smartphone Android tersebut secara maksimal dispesifikasi yang telah diberikan, mudahnya tidak terjadi bottleneck antar spesifikasi.

Namun, sayangnya sekarang ini sangat sedikit Smartphone Android yang benar-benar memiliki RAM dan CPU yang ideal, jika Smartphone Android tersebut masih berada dikelas level menengah, apalagi kelas bawah (Entry-level).

Lalu, Smartphone Android mana yang harus kalian pilih, apakah yang memiliki RAM besar, atau CPU yang cepat?

Kami memang memiliki jawaban tersendiri terkait hal tersebut, namun jelas saja, jawaban yang akan kami berikan, pastinya tidak bisa diterima oleh para pengguna Smartphone Android yang kontra, sehingga kami akan menjelaskan dulu secara rinci terkait permasalahan ini.

Sehingga, pada hasil akhirnya nanti, kita bisa ambil kesimpulan terbaik dari kondisi ini, baiklah hal pertama yang harus kalian ketahui adalah terkait masalah RAM dan CPU di Smartphone Android yang tidak seimbang, memangnya seperti apa hal tersebut?


Bottleneck antara RAM dan CPU Android


Ini memang kasus yang paling menonjol pada pembahasan kita kali ini, karena seperti yang kita lihat sekarang ini dan seperti yang sudah kami jelaskan diatas, pada faktanya Smartphone Android yang ada dipasaran sekarang ini memang ada beragam jenisnya.

Umumnya masing-masing Smartphone Android itu menawarkan sebuah keunggulan tersendiri, seperti hanya berfokus kepada masalah Kamera, masalah Desain, masalah Fitur yang mutakhir dan pastinya masalah Performa.

Sayangnya, jika kita berbicara terkait masalah performa tersebut dan jika yang kita bicarakan adalah sebuah Smartphone Android dengan kelas menengah dan bawah, maka seperti yang terlihat, ada banyak terjadi ketimpangan sekarang ini.

Hal ini bukan menjadi masalah yang buruk, tetapi memang begitulah pasar Smartphone Android saat ini dan memang begitulah yang namanya bisnis, kalian harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan sesuatu.

Hal tersebut, selalu terjadi jika kalian memiliki budget yang terbatas, karena biasanya Smartphone Android itu ada yang memiliki RAM besar, tetapi CPU-nya loyo dan ada juga CPU-nya yang cepat, tetapi RAM-nya kecil, hal ini pasti selalu terjadi.

Untuk kasus nyatanya mungkin seperti ini, ada sebuah Smartphone Android dengan RAM 6GB dengan level pasar kelas menengah, tetapi CPU yang dimiliki adalah seri MediaTek kelas bawah yang nyatanya performanya tidak memuaskan, kondisi ini jelas sekali tidak seimbang dan terkesan RAM besar tersebut akan menjadi sia-sia saja untuk ada.

Lalu, ada juga Smartphone Android yang memiliki CPU yang bagus, sebut saja seperti jenis Qualcomm Snapdragon 675 atau 710, tetapi Smartphone Android tersebut hanya dibekali RAM 3GB saja.

Nah, hal tersebut juga sia-sia, karena untuk apa sebuah Smartphone Android tersebut memiliki Processor cepat, tetapi loyo untuk menjalankan Multitasking? sia-sia bukan?

Lalu, kalian harus bagaimana? ya, sudah jelas kembalikan dengan kebutuhan kalian, bingung terkait masalah kebutuhan tersebut?

Mungkin, hal dibawah ini bisa membantu kalian sedikit untuk membuat sebuah keputusan yang strategis, karena untuk memutuskan hal tersebut, kalian harus paham dulu, apa sih fungsi dari RAM dan CPU di Smartphone Android tersebut.


Fungsi CPU di Android


Pernah menggunakan sebuah Perangkat Komputer Desktop? jika iya, maka harusnya kalian sudah bisa tahu terkait masalah CPU yang akan kita bahas kali ini.


  1. CPU adalah pusatnya dari semua proses yang data digital yang terjadi di Smartphone Android tersebut, semakin cepat proses tersebut berlangsung, maka akan semakin cepat dan mahal harga CPU tersebut.


CPU di Smartphone Android itu memiliki peranan yang sangat penting, karena dengan adanya dukungan CPU yang cepat, maka kalian bisa dengan mudah menjalankan semua Aplikasi Android yang berat tanpa Lag, seperti bermain Games ataupun memiliki transisi navigasi yang Smooth dan tidak patah-patah.

Umumnya didalam CPU itu sudah terintegrated dengan sebuah GPU untuk mengolah suatu grafis, sehingga hal inilah yang akan menentukan lancar atau tidaknya untuk menjalankan sebuah Aplikasi Android dengan grafis yang berat, biasanya hal ini diperuntukan untuk para Gamers.

Menariknya, sekarang ini Smartphone Android kelas menengah, rata-rata sudah memiliki Spesifikasi CPU yang sudah bagus dan bisa diandalkan untuk beragam hal, seperti bermain Games yang cukup berat hingga menjalankan aplikasi Editing yang memang memerlukan processing yang cepat.

Sehingga, performa kunci untuk kenyamanan dalam menggunakan sebuah Smartphone Android itu memang terletak pada spesifikasi CPU yang dimiliki dan ini adalah fakta yang harus kalian perhatikan.

Jika, kalian ingin menggunakan Smartphone Android dengan lancar, cepat dan bebas Lag, maka pemilihan CPU yang cepat harus menjadi hal yang wajib untuk kalian perhitungkan.

Lalu, bagaimana dengan RAM? apakah sepenting CPU juga?


Fungsi RAM di Android


Jika, kalian bertanya apa pentingnya RAM tersebut, maka sudah jelas jawabannya juga akan sama pentingnya seperti CPU.

Namun, perlu digaris bawahi, fungsi RAM disini tidak sekrusial fungsi CPU yang sudah kami jelaskan diatas, karena RAM itu tidak memiliki andil yang begitu besar untuk masalah Performa, tetapi RAM tetap menjadi hal yang begitu penting untuk kelancaran dalam menggunakan Smartphone Android, kenapa bisa begitu?


  1. RAM dan CPU itu memang terikat satu sama lain, jika CPU adalah sebuah alat untuk melakukan Processing data, maka RAM adalah sebuah alat untuk menyimpang Resource dari Processing data tersebut, sehingga aplikasi yang kalian buka bisa berjalan dan lancar.


Ya! RAM itu tidak kalah penting dari CPU!, dengan jumlah RAM yang besar, maka sudah pasti kalian akan bisa membukan banyak aplikasi berat sekaligus tanpa adanya Lags sedikitpun.

RAM itu kegunaannya memang untuk multitasking, contohnya ketika kalian bermain Games besar, misalnya Games tersebut membutuhkan Resource RAM 2GB dan ketika kalian bermain Games tersebut ada Chat WhatsApp atau DM Instagram yang masuk.

Jika, RAM di Smartphone Android kalian cukup besar, sebut saja 4GB sizenya, maka kalian masih bisa membuka Aplikasi WA atau IG tersebut bersamaan, sembari tetap berada didalam Games yang kalian mainkan secara Multitasking.

Tetapi, jika RAM di Smartphone Android kalian kecil, maka sudah jelas, pada kasus yang sudah kami gambarkan diatas, kalian tidak akan bisa melakukan hal tersebut, karena resource RAM-nya memang sudah habis dan jika kalian paksakan, maka Smartphone Android kalian akan mengalami Freeze atau bisa menjadi Reboot mendadak.

Sekali lagi, RAM itu memang sama pentingnya seperti CPU, tetapi untuk fungsinya memang tidak sekrusial CPU, tetapi RAM yang besar itu sudah pasti akan bisa memaksimalkan kemampuan CPU terkait dan begitu juga sebaliknya.

Lalu, jika kalian dihadapkan dalam kondisi yang mengharuskan memilih RAM atau CPU, yang mana yang harus kalian pilih?


Pilih RAM atau CPU untuk Smartphone Android?


Dari pemaparan yang sudah kami jelaskan diatas, terkait fungsi kedua buah jenis Spesifikasi terpenting untuk Smartphone Android tersebut, harusnya kalian sudah bisa menjatuhkan pilihan kalian.

Lebih bagus RAM besar atau CPU yang cepat, RAM vs CPU Android, Perbandingan RAM dan CPU Android, RAM dan CPU Android yang Ideal, mana yang harus dipilih RAM besar atau CPU yang cepat, Fungsi RAM Android, Fungsi CPU Android

Karena dari yang terlihat, pemilihan tersebut memang hanya bisa kalian sendiri yang memutuskan, karena untuk apa sih kalian menggunakan Smartphone Android tersebut?


  1. Jika, kalian adalah pengguna yang biasa saja dalam artian bukan seorang Gamers berat, maka pilihan jumlah RAM yang besar adalah pilihan yang paling terbaik yang bisa kalian pilih sekarang ini.


Karena, dengan jumlah RAM yang besar, maka kalian bisa dengan mudah dan lancar untuk membukan banyak aplikasi berbarengan, seperti membuka WA, IG, FB, beberapa aplikasi penunjang perkerjaan, Youtube dan tentu saja kalian bisa melakukan Browsing diwaktu yang sama.

Jika, kapasitas RAM tersebut besar, sebut saja 6GB atau minimal 4GB, maka semua hal diatas sudah bisa kalian lakukan tanpa adanya kendala apapun.


  1. Namun, jika kalian adalah seoarang Gamers atau memang lebih banyak memfungsikan Smartphone Android untuk bermain Games, maka pilihan CPU yang cepat adalah yang terbaik.


Karena, tidak mungkin kan kalian membukan beberapa aplikasi Games berat bersamaan? harusnya dengan kapasitas RAM 3GB dan ditunjang CPU yang cepat, kalian sudah bisa bermain Games tersebut dengan lancar.

Meski demikian, kalian tidak akan bisa berbuat banyak jika terkait masalah multitasking, lalu Gamers mana sih yang mementingkan masalah Multitasking? kami pikir cuma ada sedikit saja Gamers yang memikirkan hal tersebut, yang mereka mau biasanya cuma bermain Games tanpa gangguan, benar?

Lalu, jika kalian adalah pengguna yang bukan Gamers dan juga tidak biasa-biasa amat, yang mana yang harus kalian pilih? maka kalian bisa memilih terhadap sudut pandang kami.


Pilihan kami adalah?


Jika, kami diharuskan memilih dan kami ini adalah bukan seoarang Gamers, maka jelas kami akan memilih Smartphone Android dengan RAM yang besar.

Selanjutnya, RAM besar bukan berarti kalian tidak bisa bermain Games sama sekali, kalian masih bisa bermain Games, tetapi yang hitungannya tidak terlalu berat renderingnya, menariknya kalian masih bisa melakukan tindakan Multitasking sembari bermain Games tersebut.

Maka, dalam kasus ini RAM yang memiliki kapasitas besar memang lebih direkomendasikan, daripada CPU yang cepat, itu jika dari sudut pandang kami.

Karena dengam RAM yang besar, maka kalian bisa melakukan banyak hal lain dan tidak perlu takut terkena limitasi dari jumlah RAM tersebut, meski CPU-nya kurang cepat, kalian masih tetap bisa bermain Games seperti biasa, meski settingan grafiknya menjadi Average atau Low, tetapi Games yang ingin kalian mainkan tetap bisa dijalankan, masuk akal bukan?


Harganya berbeda!


Ya! pada kasus ini kita sudah mendapatkan kesimpulan, yaitu kalau dari segi kami jelas kami akan memilih Smartphone Android dengan RAM yang lebih besar.

Namun, ada hal yang harus kalian ketahui, karena biasanya dibandingkan dengan Smartphone Android yang memiliki CPU yang cepat, Smartphone Android dengan RAM yang besar itu, harga jualnya akan menjadi lebih mahal.

Karena yang kita bicarakan disini adalah terkait harga Hardware RAM tersebut yang dijual perslot, sehingga semakin besar RAM di Smartphone Android tersebut, maka harusnya akan ada beberapa Slot RAM didalamnya.

Maka, sudah jelas harga dari Smartphone Android tersebut akan menjadi lebih mahal dibandingkan Smartphone Android yang memiliki CPU yang lebih cepat.

Bagaimana? dengan demikian selesai sudah pembahasan sederhana kita kali ini, karena masalah seperti ini memang selalu saja ditanyakan didalam forum-forum atau suatu Grup yang berkaitan dengan masalah Smartphone Android tersebut.

Pertanyaan semacam ini, memang tidak salah, mengingat masih banyak pengguna Smartphone Android yang awam diluar sana.

Jika kalian sudah membaca artikel diatas, harusnya kalian sudah bisa memilih Smartphone Android mana yang ingin kalian beli, karena semua pertimbangan utama dari keputusan tersebut, sudah kami gambarkan secara jelas diatas.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga kalian bisa memilih Smartphone Android yang terbaik dari segi kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Thanks Sudah mampir ke blog Sepintar.com dan sudah membaca artikel berjudul Lebih pentingan mana, RAM atau CPU untuk Smartphone Android? semoga bermanfaat. oh iya orang pintar itu meninggalkan jejak yuuk berkomentar

Comment Policy :
Berkomentarlah secara bijak dan bertanggung jawab.
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang di atur dalam UU ITE.
Buka Komentar
Tutup Komentar