Skip to main content

Beberapa masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang

Layar IPS Android bermasalah, masalah yang muncul di Layar IPS Android, Penyebab Layar IPS Android rusak, Dead Pixel Layar IPS Android, Burn-in Layar IPS Android, Shadow Layar IPS Android, Layar IPS Android muncul graris, Layar Android terlihat kusam, muncul warna putih disudut Lauar IPS Android

Smartphone Android sekarang memang sudah menjelma menjadi sebuah Perangkat Pintar yang multifungsi, hal ini terbukti karena sekarang ini Smartphone Android bukan lagi menjadi sebagai sebuah alat untuk melakukan Komunikasi jarak jauh saja lagi, melainkan sudah menjadi alat yang memiliki mobilitas yang sangat tinggi.

Jika kita berbicara terkait fungsi dan kegunaan sudah jelas, Smartphone Android bisa diandalkan untuk melakukan beragam hal penting, seperti untuk menunjang sebuah Hobi yang mungkin akan menghasilkan uang, meringankan perkerjaan dengan beragam aplikasi pengolah data instant dan cepat.

Lalu, yang paling menarik adalah dengan hanya bermodalkan Smartphone Android saja, kalian sudah bisa menikmati beragam hibuaran menarik, mulai dari bermain Games, menonton Video / Film secara Online Streaming dan kalian bisa dengan mudah menggunakan beragam Aplikasi menarik yang bisa kalian dapatkan melalui Google Play Store yang kebanyakannya bisa kalian dapatkan secara cuma-cuma atau gratis.

Itulah kenapa, sekarang ini Smartphone Android seakan menjadi barang yang wajib untuk bisa dimiliki oleh beberapa orang dari seluruh belahan dunia, meski demikian Smartphone Android bukanlah satu-satunya Perangkat Pintar yang bisa kalian beli sekarang ini.

Melainkan masih ada banyak Smartphone dengan OS Pintar lain diluar sana, seperti Apple iPhone yang sebenarnya juga tidak kalah dengan Smartphone Android, jika kita lihat dari Popularitasnya, hanya saja Smartphone Android itu jauh lebih ramah, karena mampu hadir disetiap Segmentasi pasar dan berbeda dengan Apple iPhone yang hanya hadir untuk kelas atas saja.

Sehingga dengan demikian, sekarang ini muncul beragam jenis Smartphone Android dengan Spesifikasi dan Harga yang berbeda-beda sesuai dengan level target pasarnya.

Jika, Smartphone Android itu memiliki harga yang tinggi, maka sudah bisa dipastikan bahwa Spesifikasi yang digunakan tentu saja juga Premium, tetapi jika harganya murah, seperti kurang dari 1 jutaan, maka Spesifikasi yang diusung pasti tipikal seperti Smartphone Android Entry-level pada umumnya.

Sebenarnya dengan adanya banyak variasi Smartphone Android yang ada saat ini, kita sebagai Konsumen tentu saja akan diuntungkan dengan adanya kondisi tersebut, karena kita bisa dengan mudah mencari dan membeli sebuah Smartphone Android sesuai dengan yang kalian kehendaki dan tentu saja sesuai dengan budget yang kalian miliki.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, dengan adanya variasi Smartphone Android tersebut yang bisa kalian lihat diberbagai level pasarnya dan berbagai merek dari Produsen Smartphone Makernya, maka tentu kalian akan melihat beragam jenis Spesifikasi berbeda-beda yang ada di Smartphone Android tersebut.

Seperti yang akan kita bahas kali ini, yaitu adalah terkait masalah salah satu Display Panel yang ada di Smartphone Android sekarang.

Karena seperti yang kalian ketahui, sekarang ini di Smartphone Android ada beberapa jenis Display Panel (Panel Layar) yang sering di gunakan oleh beberapa Produsen Smartphone Android dan Display Panel tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat Jenis-jenis Display Panel yang ada di Smartphone Android dan beberapa info lainnya, yang sudah kami tulis lengkap dalam halaman dibawah ini :
Disini, kami tidak akan membahas semua jenis Display Panel tersebut, karena disini kami hanya akan membahas salah satu Display Panel yang paling banyak digunakan pada Smartphone Android sekarang ini, yaitu adalah IPS LCD Display, lalu apa masalahnya?


Smartphone Android berlayar IPS LCD


Ya! ini adalah sebuah Display Panel yang umum digunakan banyak oleh para Produsen Smartphone Android, karena biasanya Smartphone Android kelas menengah kebawah, biasanya akan mengandalkan Panel Display ini untuk menekan harga produksi dari Smartphone Android yang mereka buat.

Meski demikian, bukan berarti Panel Layar IPS jelek, tetapi masih ada yang lebih bagus dari Display Panel IPS, yaitu adalah Display Panel berjenis OLED, yang biasanya adalah Super AMOLED dan lainnya.

Seperti yang sudah kami jelaskan dalam halaman artikel yang sudah kami bagikan diatas, Display Panel IPS itu menggunakan bahan utama berupa Liquid dan menggunakan Backlight untuk bisa menampakan warna-warni layar secara nyata.

Selanjutnya, pada kenyataannya Display Panel IPS ini memang lebih mudah perawatannya dibandingkan jenis Layar OLED, karena kalian memang tidak perlu melakukan hal istimewa agar Panel Layar IPS tersebut, tetap bisa berkerja secara maksimal.

Jika rusak, maka biaya pergantian Part-nya pun juga tidak semahal Panel Layar OLED, selain itu sekarang ini masih banyak Smartphone Menengah keatas yang masih menggunakan Panel IPS tersebut.

Hanya saja, jika kita berbicara terkait ketajaman dan warnanya, maka mau tidak mau kalian harus mengakui, bahwa Panel Layar IPS tersebut, memang masih tertinggal 1 langkah dari Panel AMOLED.


Layar IPS Android jarang bermasalah, tapi?


Nah, seperti yang sudah kami sebutkan diatas, pada kenyataannya Panel Layar IPS tersebut memang tidak memunculkan masalah sesering Panel OLED, karena pada faktanya Layar IPS itu memang sedikit lebih tahan banting ketimbang Panel AMOLED.

Dengan alasan, kontruksi pembuatan Display Panel yang berbeda dan lebih tebal tentunya, sehingga meski terjatuh, biasanya Smartphone Android tersebut hanya akan retak saja layarnya dan tidak akan merusak dari Layer Panel IPS tersebut, itu jika dalam kasus yang masih wajar.

Selain itu, Panel Layar IPS juga akan sangat cepat merecover Pixelnya, jika tertekan suatu benda taja, ataupun terkena Api, itulah kenapa Panel Layar IPS terbukti memang lebih awet dibandingkan Panel AMOLED, meski harga Produksinya jauh lebih murah ketimbang Panel AMOLED.

Hanya saja, bukan berarti Panel Display IPS tersebut tidak bisa rusak sama sekali, umumnya memang ada beberapa kasus dimana Panel Layar IPS tersebut menjadi rusak, karena beragam hal, yang bisa jadi karena beberapa masalah berikut :


  • Terjatuh
  • Brightness terlalu terang
  • Tertekan / Tertindih
  • Usia


Nah, masalah-masalah yang ada Pada Panel Display IPS itulah yang akan kita bahas kali ini, lalu kami disini juga akan memaparkan kenapa hal tersebut bisa terjadi dan juga kami akan menyertakan cara menghindari dan solusinya jika memungkinkan.


Masalah yang ada di Layar IPS Android


Sebelum kita mulai pembahasan kita kali ini, disini kami hanya akan menyertakan masalah-masalah umum yang sering terjadi saja, meski demikian kami percaya diluar sana, mungkin masih ada masalah-masalah aneh yang muncul di Layar IPS Android tersebut.

Tetapi, disini kami tidak akan menyebutkan semua masalah tersebut, karena disini kami hanya akan menyertakan masalah umum yang paling banyak terjadi dan dikeluhkan oleh para pengguna Smartphone Android dengan Layar IPS tersebut.

Baiklah, kita akan mulai masuk kedalam pembahasan utama kita, silahkan simak beberapa masalah-masalah dibawah ini :


Berawan / Pudar


Nah, ini adalah masalah yang paling sering terjadi pada Layar IPS Android tersebut, ciri-ciri masalahanya adalah terlihat adanya jejak seperti asap / awan yang pudar pada bagian sisi pada layar Smartphone Android tersebut.

Untuk bisa melihatnya mudah saja, silahkan buka gambar berwarna hitam dan maksimalkan Brightness Layar, seharusnya jika Smartphone Android kalian sudah mulai mengalami masalah ini, maka jejak dari awan yang berwarna pudar tersebut akan terlihat sangat jelas.

Layar IPS Android bermasalah, masalah yang muncul di Layar IPS Android, Penyebab Layar IPS Android rusak, Dead Pixel Layar IPS Android, Burn-in Layar IPS Android, Shadow Layar IPS Android, Layar IPS Android muncul graris, Layar Android terlihat kusam, muncul warna putih disudut Lauar IPS Android

Dalam kasus masalah yang sudah parah, jejak awan / asap tersebut akan terlihat sangat nyata setiap saat, lalu kenapa masalah ini bisa terjadi? penyebabnya ada beberapa, yaitu adalah sebagai berikut :


  1. Layar Smartphone Android yang terus aktif dalam waktu lama
  2. Brightness yang disetting ketingkat maksimal setiap saat
  3. Akibat Smartphone Android yang sering Overheating
  4. Sering tertekan didalam saku celana ketat


Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Sayangnya, masalah ini bersifat permanent, artinya kerusakan yang terjadi tersebut, tidak bisa diatasi dengan menggunakan Tool Software manapun, karena satu-satunya Solusi adalah dengan cara mengganti Part Display Panel IPS dengan yang baru saja lagi.

Namun, sebenarnya kalian bisa bisa menyamarkan masalah Layar Berawan tersebut, dengan beberapa cara dibawah ini :


  1. Buat Brightness serendah mungkin
  2. Menggunakan Background berwarna Putih
  3. Atur warna layar menjadi lebih Cool (Kebiruan) dan hindari warna yang Warmth (Kekuningan)



Burn-in / Shadow


Sebenarnya, masalah ini umumnya muncul di Smartphone Android dengan jenis Layar OLED / AMOLED saja, tetapi dalam beberapa kasus juga muncul di Layar IPS Android.

Terlihat sama memang, tetapi pada kenyataannya kasus ini jelas sekali berbeda, karena masalah Burn-in pada Layar IPS Android itu biasanya hanya bersifat Temporary (sesaat), namun jika di Layar berjenis OLED, masalah ini akan menjadi Permanent.

Lalu, jika masalah ini hanya muncul di Panel OLED, kenapa juga bisa muncul di Layar IPS? jawabannya memang tidak diketahui secara persis.

Namun, jika melihat dari kasus yang telah terjadi, biasanya masalah Burn-in / Shadow tersebut hanya muncul pada beberapa jenis Panel IPS yang diproduksi oleh Perusahaan tertentu saja dan tidak semuanya.

Maka, bisa kita simpulkan bahwa masalah ini murni mungkin karena Layar IPS yang dibuat oleh Produsen tertentu tersebut memiliki kualitas yang jelek dibandingkan Layar IPS pada umumnya.

Lalu, kenapa masalah Burn-in / Shadow tersebut bisa muncul? beberapa alasannya adalah sebagai berikut :


  1. Smartphone Android terlalu lama menampilkan sebuah Gambar yang sama dalam waktu yang lama
  2. Akibat penggunaan Brightness Full yang lama


Kedua hal diatas adalah penyebab utama, kenapa Layar IPS tersebut bisa menjadi Burn-in, sebenarnya penyebabnya juga sama saja seperti pada Layar OLED dan karakteristik masalahnya pun juga sama saja.

Yaitu, akan terlihatnya jejak bekas dari Layout / Icon tertentu yang tidak bisa hilang dan umumnya akan berwarna merah keunguan atau hitam transparant.

Layar IPS Android bermasalah, masalah yang muncul di Layar IPS Android, Penyebab Layar IPS Android rusak, Dead Pixel Layar IPS Android, Burn-in Layar IPS Android, Shadow Layar IPS Android, Layar IPS Android muncul graris, Layar Android terlihat kusam, muncul warna putih disudut Lauar IPS Android

Bagaimana dengan Solusinya?

Nah, diatas sudah kami sampaikan bahwa masalah Burn-in pada Layar IPS tersebut hanyalah bersifat sementara saja dan tidak permanent, sampai saat ini memang sangat jarang adalah masalah Burn-in yang menjadi permanent di Layar IPS tersebut.

Untuk mengatasi masalah tersebut, silahkan kalian matikan saja Smartphone Android kalian dan kalau bisa jangan gunakan selama 2-3 hari tanpa dihidupkan sama sekali, setelahnya harusnya masalah Burn-in tersebut akan hilang dengan sendirinya, karena Panel IPS tersebut memang terkenal dengan kemampuan Recovery-nya yang sangat cepat.


Muncul garis-garis


Ini juga adalah masalah yang sangat umum terjadi pada Layar Smartphone Android dengan jenis Panel IPS dan masalah ini adalah seakan menjadi masalah khas yang hanya terjadi di Panel IPS tersebut, karena biasanya masalah Layar bergaris-garis ini hampir jarang ditemukan di Layar OLED dan turunannya.

Sehingga, bisa kita simpulkan masalah ini memang biasanya terdapat hanya pada Smartphone Android berjenis Display Panel IPS saja, untuk ciri masalahnya adalah terlihatnya satu atau beberapa garis lurus, bisa itu vertikal atau horizontal.

Layar IPS Android bermasalah, masalah yang muncul di Layar IPS Android, Penyebab Layar IPS Android rusak, Dead Pixel Layar IPS Android, Burn-in Layar IPS Android, Shadow Layar IPS Android, Layar IPS Android muncul graris, Layar Android terlihat kusam, muncul warna putih disudut Lauar IPS Android

Dan biasanya garis-garis tersebut akan memiliki warna Hijau, Merah, Ungu dan lainnya, kenapa masalah ini bisa terjadi?

Penyebab utama kenapa masalah ini terjadi, biasanya dikarenakan Smartphone Android tersebut habis terjatuh dari ketinggian tertentu, sehingga akan mengakibatkan rusaknya Layer didalam Display Panel tersebut.

Akibat tertindih suatu benda berat juga bisa menyebabkan masalah ini muncul, sama seperti masalah Layar Berawan atau terlihat Pudar yang sudah kami jelaskan diatas.

Solusi dari masalah ini ialah hanya memang dengan mengganti Part Display Panel IPS baru saja lagi, karena jika masalah ini dibiarkan terlalu lama, maka garis-garis yang muncul tersebut akan kian membesar dan akan sangat mengganggu kenyamanan dalam menggunakan Smartphone Android tersebut.


Dead Pixel


Sebenarnya masalah ini selalu akan menjadi momok bagi setiap Display Panel, mau itu IPS atau OLED, kedua buah jenis Display Panel tersebut memang akan bisa berpotensi menimbulkan Dead Pixel tersebut.

Lalu, apa sih Dead Pixel tersebut?

Ya! Dead Pixel adalah dimana salah satu atau beberapa Pixel didalam Display Panel tidak lagi responsif dalam menampilkan konfigurasi warna, sehingga Pixel tersebut hanya diam saja (Stuck).

Hasil akhirnya, di Layar Smartphone Android kalian akan terlihat sebuah bintik kecil yang biasanya berwarna hitam, merah, biru atau hijau.

Layar IPS Android bermasalah, masalah yang muncul di Layar IPS Android, Penyebab Layar IPS Android rusak, Dead Pixel Layar IPS Android, Burn-in Layar IPS Android, Shadow Layar IPS Android, Layar IPS Android muncul graris, Layar Android terlihat kusam, muncul warna putih disudut Lauar IPS Android

Masalah Dead Pixel ini tentu saja juga terjadi di Panel IPS dan bahkan sangat sering terjadi, untuk penyebabnya memang tidak begitu jelas, tetapi melalui berbagai sumber, bisa kita simpulkan bahwa masalah Dead Pixel pada Layar IPS tersebut, muncul karena beberapa hal dibawah ini :


  1. Faktor usia pakai (+2 tahunan)
  2. Smartphone Android pernah tertekan benda tajam


Selanjutnya, jika mengalami hal tersebut, apa yang harus kalian lakukan?

Pada faktanya, jika Smartphone Android kalian mengalami masalah ini, maka segera langsung diambil tindakan perbaikannya, karena jika dibiarkan, meski hanya terlihat titik kecil sekali pada Dead Pixel tersebut.

Jika dibiarkan terlalu lama, maka Dead Pixel tersebut akan semakin melebar dan membesar, untuk jenisnya sendiri, masalah Dead Pixel di Panel Layar IPS tersebut, bisa dikategorikan menjadi 2 buah jenis, yaitu adalah :


  1. Dead Pixel Permanent (Biasanya berwarna Hitam)
  2. Dead Pixel Temporary (Biasanya berwarna selain Hitam, seperti Merah, Hijau, Biru dan lainnya)


Nah, jika kalian mengalami masalah Dead Pixel Permanent, maka tidak ada cara lain selain melakukan Reparasi dengan mengganti Panel IPS tersebut dengan yang baru.

Namun, jika masalah Dead Pixel tersebut hanya Temporary atau bisa kita artikel Pixel di Layar IPS tersebut cuma Stuck saja, maka kalian masih bisa memfungsikan Pixel yang Stuck tersebut dengan merangsangnya menggunakan aplikasi khusus, seperti ini :

Layar IPS Android bermasalah, masalah yang muncul di Layar IPS Android, Penyebab Layar IPS Android rusak, Dead Pixel Layar IPS Android, Burn-in Layar IPS Android, Shadow Layar IPS Android, Layar IPS Android muncul graris, Layar Android terlihat kusam, muncul warna putih disudut Lauar IPS Android


Jika, masalah Dead Pixel di Smartphone Android kalian hanya sementara, maka harusnya dengan aplikasi diatas, masalah tersebut bisa terselesaikan dengan mudah dan cepat.


Warna Kusam


Ini adalah masalah terakhir yang biasanya juga muncul di Layar IPS pada Smartphone Android tersebut, yaitu adalah berubahnya warna yang defaultnya adalah gonjreng terang, menjadi redup dan terkesan terlihat kusam.

Sebenarnya, masalah ini wajar terjadi, karena biasanya tidak ada penyebab khusus kenapa masalah ini bisa muncul, karena faktor utama penyebabnya adalah usai pakai dari Smartphone Android tersebut, yang mungkin sudah telah tua dan lama, sebut saja seperti 2 tahun lebih masa pemakaian.

Memang tidak ada cara memperbaiki masalah ini, tetapi kalian masih bisa mengakali masalah ini dengan cara meningkatkan Saturation Layar atau Vibrance warna, agar konfigurasi warna Layar di Smartphone Android kalian menjadi lebih berwarna.

Tetapi, dengan konsekuensi, mungkin Performa Smartphone Android kalian akan menjadi sedikit menurun, karena GPU di Smartphone Android akan berkerja lebih keras dari pada biasanya, untuk bisa menaikan tingkat saturasi warna tersebut.

Dengan demikian, selesailah sudah pembahasan kita kali ini, dengan beragam masalah-masalah diatas, tentu kita tidak bisa menyebut bahwa Panel IPS itu adalah Display Panel yang paling terbaik dan tahan banting untuk digunakan di Smartphone Android.

Diatas kertas, ketahanan Display Panel IPS memang jauh lebih baik dari pada Display Panel berjenis OLED, tetapi untuk masalah-masalahb yang muncul, maka kita tidak bisa mengatakan bahwa Panel IPS tersebut bebas dari masalah-masalah yang merugikan.

Semuanya memang tergantung usia pakai dan bagaimana cara penggunaan dari pengguna Smartphone Android-nya itu sendiri, jika dalam batas normal, maka harusnya kalian tidak akan menemui masalah berat pada Display Panel IPS tersebut.

Namun, jika berlebihan dalam pemakaiannya, maka tidak menutup kemungkinan, masalah-masalah diatas bisa akan menjadi momok yang sangat merugikan bagi kalian.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semoga artikel ini bisa menambah ilmu serta pengetahuan kalian dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Thanks Sudah mampir ke blog Sepintar.com dan sudah membaca artikel berjudul Beberapa masalah yang muncul di Panel Layar IPS Smartphone Android sekarang semoga bermanfaat. oh iya orang pintar itu meninggalkan jejak yuuk berkomentar

Comment Policy :
Berkomentarlah secara bijak dan bertanggung jawab.
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang di atur dalam UU ITE.
Buka Komentar
Tutup Komentar