Skip to main content

Alasan kenapa Baterai Smartphone Android tidak tahan lama

Baterai Android cepat habis, kenapa baterai Android tidak tahan lama, alasan Android cepat habis bateraim kenapa Android tidak tahan seharian, baterai Android habis, Alasan baterai Android boros, kenapa baterai Android boros, Batarei Android habis meski tidak dipakai

Baterai adalah sebuah komponen yang teramat penting untuk Perangkat Pintar Mobile zaman sekarang ini, mau itu sehebat dan secanggih apapun suatu Perangkat Pintar tersebut, tetapi jika memiliki Performa baterai yang jelek, maka sudah jelas Perangkat Pintar tersebut tidak akan bisa kita katakan hebat.

Umumnya dizaman sekarang ini, kebanyakan Perangkat Pintar sudah memiliki Spesifikasi Baterai yang bagus dan memiliki performa yang memuaskan, sebut saja seperti penggunaan baterai di Perangkat Wearable dan Smartphone.

Khusus untuk Perangkat Pintar Smartphone tersebut, dulu mungkin sulit untuk menemukan sebuah Smartphone yang memang bisa bertahan seharian penuh, jika kalian telah menggunakan Smartphone tersebut untuk melakukan beragam hal ringan hingga sedang.

Tetapi, sekarang ini sudah sangat berbeda, karena kebanyakan Smartphone yang dijual sekarang ini, sudah bisa menjamin performa baterai dari Smartphone tersebut, agar bisa dijalankan seharian penuh, bahkan ada yang bisa diandalkan untuk aktifitas seharian dan semalaman.

Salah satu Perangkat Pintar Smartphone yang kami bicarakan disini adalah Smartphone Android, kalian bisa melihat sendiri, betapa cepatnya Smartphone Android itu berevolusi dari waktu kewaktu dengan beragam percepatan dan kemajuan inovasi terbaru yang tentu saja sangat hebat dan bermanfaat.

Smartphone Android yang memiliki performa baterai yang bagus itu memang sudah menjadi keharuan untuk dibuat oleh para Produsen Smartphone Android, baik dari Perusahaan Lokal ataupun International.

Karena, seperti yang kalian ketahui, sekarang ini penggunaan dan pemanfaatan sebuah Smartphone Android itu sudah sangat luas sekali, seperti bisa diandalkan untuk meringankan perkerjaan, menikmati hiburan multimedia, bermain games dan tentu saja bisa digunakan untuk tindakan komunikasi modern.

Nah, semua hal diatas tentu saja akan memakan konsumsi daya baterai yang tidak sedikit, maka disinilah peran Inovasi Teknologi tersebut ada, seperti yang terlihat dari tahun ketahun, spesifikasi baterai di Smartphone Android itu terus saja dikembangkan, hingga seperti sekarang ini.

Perkembangan yang bisa kita lihat jelas adalah terletak pada beberapa Inovasi ini :

  1. Kapasitas Baterai
  2. Fitur pengisian daya cepat (Fast Charging)
  3. Spesifikasi Materail
  4. Rekayasa fisik dari baterai tersebut

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, ke-4 hal diatas adalah Point penting yang selalu bisa kita lihat perkembangannya, karena jika kita bandingkan ke-4 hal diatas untuk beberapa tahun silam, maka sudah jelas, baik itu Kondisi dan Spesifikasi dari Baterai Smartphone Android sudah jauh berkembang dan sudah kian mutakhir.


Manfaat dari Pengembangan Inovasi Baterai Smartphone Android


Jika sebelumnya, kalian memang tidak terlalu menghiraukan permasalahan Baterai di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini, maka kalian harus sedikit memperhatikan hal tersebut.

Karena, kalian akan sangat dirugikan, jika membeli sebuah Smartphone Android tetapi dengan spsifikasi atau kondisi baterai yang jelek, mungkin performa Smartphone Android kalian oke dan bisa diandalkan.

Namun, jika Baterai Smartphone Android tersebut hanya bisa bertahan 4-5 jam saja sehari, maka tentu saja hal tersebut akan sangat merugikan, karena hal ini tentu saja akan mengganggu kenyamanan kalian dalam menggunakan Smartphone Android terkait.

Maka disinilah kalian harus tahu bahwa pada faktanya Inovasi Baterai di Smartphone Android itu sudah sangat berkembang dan kalian harus tahu terkait hal ini, karena jika tidak mungkin kalian akan dirugikan, karena memang tidak mengerti akan hal itu.

Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari Kemajuan Inovasi dari Baterai Smartphone Android tersebut?

Ya! Point manfaatnya sudah kami jelaskan diatas, benar ke-4 hal diatas adalah manfaat yang bisa kalian rasakan secara Continued dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Artinya, ke-4 hal yang sudah kami sebutkan diatas, tentu akan semakin canggih lagi ditahun depan dan akan lebih canggih atau mutakhir lagi di tahun berikutnya, hingga seterusnya.

Jika perlu kami perjelas, maka manfaat dari perkembangan Inovasi pada Baterai Smartphone Android yang bisa kita rasakan sekarang ini adalah sebagai berikut :

  1. Umur baterai lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.
  2. Ketahanan dan keamanan baterai semakin meningkat, sehingga hal mengerikan seperti Baterai yang bocor dan meledak itu sudah sangat jarang untuk kita dengar sekarang ini.
  3. Performa dari Baterai Smartphone Android tersebut sudah bisa diandalkan untuk jangka waktu yang lama dalam satu kali pengisian Baterai.
  4. Adanya pengembangan pada Komponen inti pembentukan Baterai Smartphone Android tersebut, sehingga bisa menjadi lebih efisien dan efektif untuk digunakan.
  5. Melakukan Charging (Pengisian Daya) sekarang sudah jauh lebih singkat dengan adanya fitur Fast Charging, sehingga meski Baterai Smartphone Android tersebut memiliki kapasitas baterai yang besar, melakukan pengisian daya baterai tersebut akan bisa menjadi lebih cepat, umumnya kurang dari 2 Jam rata-rata baterai Smartphone Android zaman sekarang sudah bisa terisi penuh.
  6. Desain Smartphone Android yang menjadi lebih tipis, karena adanya pengembangan atau rekayasa dari wujud fisik baterai Smartphone Android terkait.
  7. Adanya Optimasi maksimal dari System, sehingga baterai Smartphone Android tidak cepat habis, meski digunakan untuk beragam aktifitas yang berat.

Dari beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas, apakah kalian masih tidak mementingkan atau tidak memperdulikan faktor krusial dari baterai Smartphone Android tersebut?

Harusnya sekarang kalian sudah paham, karena kenyamanan kalian dalam menggunakan Smartphone Android itu memang salah satu yang terbesarnya datang dari Spesifikasi dan Kondisi Baterai dari Smartphone Android terkait.

Meski demikian, tetap saja faktor lain seperti Spesifikasi Processor, GPU, RAM, Display Panel dan Kamera tetap menjadi suatu yang sama pentingnya untuk kenyamanan kalian, tetapi semua hal tersebut tentu akan menjadi sia-sia, jika kalian menggunakan Smartphone Android yang memiliki kualitas baterai yang jelek, meski Spesifikasi lainnya sangar.

Nah, inilah yang akan menjadi pembahasan kita kali ini, yaitu adalah terkait permasalahan Baterai yang ada di Smartphone Android dan ini adalah permasalahan yang sering ditanyakan oleh para pengguna Smartphone Android tersebut, lalu apa masalahnya?

Yaitu adalah, kenapa baterai Smartphone Android saya tidak tahan lama? padahal masih baru? padahal kapasitasnya sama saja dengan Smartphone Android lain? kenapa bisa cepat sekali habisnya?


Baterai Smartphone Android tidak tahan lama


Nah, mungkin kalian juga pernah melihat pertanyaan tersebut muncul diberagam forum atau grup, baik yang didalam negeri maupun forum international, pertanyaan yang diajukan sedikit banyaknya ada yang menyanyakan terkait permasalahan baterai pada Smartphone Android yang mereka pakai tersebut.

Maka disini kami akan menerjemahkan masalah tersebut, agar kalian bisa memahami, kenapa baterai di Smartphone Android saja tidak tahan lama, padalah kapasitasnya besar dan masih baru?

Untuk bisa mengartikan permasalahan tersebut, maka disini akan kami bagi 2 pokok permasalahannya, yaitu adalah sebagai berikut :

  • Spesifikasi Baterai & System
  • Kondisi Baterai

Ke-2 hal diatas adalah acuan utama kita untuk mengetahui kenapa konsumsi daya baterai di Smartphone Android kalian bisa lebih cepat habis, jika dibandingkan dengan Produk Smartphone Android lain yang sama-sama memiliki kapasitas baterai yang sama besar, kok bisa?

Sebenarnya mudah saja untuk mengartikan permasalahan ini, jika kalian paham bahwa ada harga ada kualitas!

Namun, bagaimana jika harga dan kelasnya sama, tetapi kenapa baterai Smartphone Android kalian bisa lebih cepat habis dari produk pesaing yang sejenis?

Jika memang itu yang kalian pertanyakan, maka beberapa hal dibawah ini bisa menjawab permasalahan kalian tersebut.


Alasan kenapa baterai Smartphone Android tidak tahan lama


Sebelum kami memaparkan alasan tersebut, disini akan kami tekankan terlebih dahulu, bahwa pada yang akan kita bahas disini, bukanlah kondisi baterai yang sudah menurun akibat pemakaian jangka panjang atau sudah berusia.

Melainkan, kondisi baterai baru dari sebuah Smartphone baru yang harusnya masih memiliki performa yang maksimal, tetapi kenapa masih tidak bisa tahan lama, padahal kapasitas baterainya besar?

Baterai Android cepat habis, kenapa baterai Android tidak tahan lama, alasan Android cepat habis bateraim kenapa Android tidak tahan seharian, baterai Android habis, Alasan baterai Android boros, kenapa baterai Android boros, Batarei Android habis meski tidak dipakai

Berikut adalah beberapa alasan terkait permasalahan baterai berkapasitas besar tetap, tidak tahan sampai seharian waktu penggunaannya.


Jenis Baterai


Ini adalah hal pertama yang mempengaruhi hasil dari performa baterai di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini, umumnya sekarang ini ada 2 buah jenis Baterai di Smartphone Android yang sering digunakan, yaitu adalah :

  • Li-Ion
  • Li-Po

Nah, pada kenyataannya ke-2 buah jenis baterai tersebut memiliki performa yang berbeda-beda, karena dari komponen pembentuk inti baterai dan cara kerjanya memang berbeda satu sama lainnya.

Sehingga, hasil akhirnya juga akan berbeda, meski sama-sama berkapasitas baterai yang sama, misalkan sama-sama 3000mAh.

Namun, Baterai Smartphone Android dengan jensi Li-Po akan bertahan lebih lama dari pada berjenis Li-Ion, karena pada dasarnya Baterai Li-Po adalah versi peningkatan atau perkembangan teknologi baterai terbaru yang tentu saja lebih efektif dan efisien, dari generasi baterai lamanya, yaitu adalah Li-Ion.

Sehiangg, disini kalian bisa melihat sendiri, kebanyakan Smartphone Android kelas menengah hingga atas (Flagship) saat ini memang hampir semuanya menggunakan baterai Li-Po tersebut, karena selain mudah dibentuk, baterai Li-Po juga diyakini memiliki umur 2 kali lebih awet dibandingkan jenis baterai Li-Ion.


Optimasi System


Nah, selain faktor dari kondisi baterai itu sendiri, pada kenyataannya faktor dari System OS Android itu juga akan memiliki peranan yang besar, terhadap performa dari baterai di Smartphone Android yang kalian gunakan sekarang ini.

Umumnya, Smartphone Android Branded yang memang sudah teruji bagus dari segi Firmware-nya itu, akan memiliki performa baterai yang lebih bagus dan lebih irit konsumsi dayanya dibandingkan Smartphone Android yang tidak melakukan optimasi pada System OS Android yang dipakai tersebut.

Ya! Management Efisiensi Daya adalah jawabannya, coba kalian perhatikan sendiri pada Smartphone Android Brand Samsung dan Xiaomi, silahkan kalian bandingkan sendiri terkait Produk Smartphone Android antar kedua Brand tersebut.

Perbandingkan dengan jenis atau seri yang sama-sama memiliki kapasitas baterai dan jenis baterai yang sama, coba lihat hasil akhirnya, pasti akan berbeda, bisa jadi Smartphone Android Samsung akan lebih dulu habis baterainya atau bisa juga sebaliknya.

Dari penggambaran tersebut, memang sudah kita ketahui secara pasti bahwa pada dasarnya System OS Android itu juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kinerja dan performa dari baterai di Smartphone Android terkait.

Sehingga, meski sama-sama memiliki kapasitas dan jenis baterai yang sama, pada kenyataannya hasil akhirnya bisa berbeda-beda antar Brand Smartphone Android tersebut, tetapi biasanya perbedaanya tidak lebih dari 10%, jika lebih dari itu, berarti memang ada masalah pada baterai yang digunakan di Smartphone Android tersebut.


Spesifikasi Processor


Seperti yang kalian ketahui, Processor juga merupakan salah satu komponen yang sangat penting untuk sebuah Smartphone Android, hanya saja setiap Processor itu memerlukan konsumsi daya yang berbeda-beda.

Ada yang efisien dengan konsumsi daya baterai dan ada juga yang boros, sehingga inilah hal yang mungkin menyebabkan Smartphone Android kalian tidak bisa bertahan lama untuk digunakan seharian penuh, meski kapasitas baterainya besar.

Sebagai contoh, disini kita akan membandingkan sebuah Smartphone Android kelas Entry-level dengan kapasitas baterai 4000mAh dan Smartphone Android kelas High-end dengan kapasitas baterai 3500mAh.

Untuk hasilnya akhirnya sudah jelas, Smartphone Android kelas Entry-level dengan kapasitas baterai 4000mAh akan lebih cepat kehabisan baterai dibandingkan dengan Smartphone Android dengan kapasitas baterai yang lebih kecil yang telah kita bandingkan diatas, apa alasannya?

Sudah jelas, hal ini terkait penggunaan daya dari Processor tersebut yang berbeda, umumnya Processor di Smartphone Android kelas atas itu pasti memiliki performa konsumsi daya yang jauh lebih efisien, selain itu juga untuk System OS Android yang digunakan telah di Custom sedemikian rupa agar menjadi irit konsumsi daya.

Inilah alasan, kenapa faktor kapasitas baterai itu tidak selalu menjamin bahwa Smartphone Android yang kalian gunakan akan bisa bertahan seharian, meski berkapasitas besar.


Penggunaan Display Panel


Hal ini juga akan mempengaruhi konsumsi daya baterai di Smartphone Android yang kalian gunakan, meski sama-sama miliki kapasitas baterai yang besar, contohnya 4000mAh, tetapi hasilnya akan sangat berbeda, jika Smartphone Android tersebut memiliki perbedaan spesifikasi pada Display Panel yang digunakan.

Karena mau seperti apapun, Smartphone Android dengan Display Panel OLED atau turunannya, seperti AMOLED akan jauh lebih irit konsumsi dayanya dari pada jenis Display Panel IPS apalagi TFT yang memiliki konstruksi asal dengan menggunakan kemampuan LCD.

Sehingga, jika kalian bandingkan penggunaan konsumsi daya baterai di Smartphone Android dengan jenis layar AMOLED dan IPS, maka sudah pasti Smartphone Android dengan Display Panel AMOLED akan memiliki masa hidup yang lebih lama, dibandingkan dengan Smartphone Android dengan Display Panel IPS.

Maka, jika sekarang kalian menggunakan Smartphone Android dengan layar IPS dan menemukan bahwa Baterai di Smartphone Android kalian lebih cepat mati dibandingkan Smartphone Android teman kalian yang memiliki Display Panel AMOLED, meski memiliki kapasitas baterai yang sama besar, maka sudah pasti hal diatas adalah alasan kenapa hal itu bisa terjadi.


Kualitas Baterai jelek


Alasan terakhir ini adalah alasan paling logis kenapa baterai di Smartphone Android kalian bisa tidak tahan lama dan cenderung cepat sekali habisnya, padahal masih baru, salah satu hal yang mungkin terjadi disini adalah karena kualitas baterai yang digunakan di Smartphone Android tersebut jelek.

Jelek disini bisa berarti 2 hal yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Cacat dari segi Produksi
  2. Kualitasnya memang jelek sejak awal

Jika, kalian memiliki Smartphone Android dengan baterai besar, misalkan 5000mAh, itu tidak akan berarti apa-apa jika kualitas baterai yang digunakan tersebut jelek.

Maka, disini pastikan kalian membeli sebuah Smartphone Android yang memang memiliki kualitas yang baik dan sudah terbukti, jangan pernah membeli Smartphone Android dengan Brand yang tidak diketahui, hal ini mungkin akan merugikan kalian dalam penggunaan jangka panjang.

Jika, masalah ini datang dari baterai yang cacat produksi, maka silahkan ajukan klaim garansi, karena kasus seperti ini memang sering terjadi.

Dengan demikian, berakhirlah sudah pembahasan kita kali ini, dengan beberapa alasan yang sudah kami kemukaan diatas, kami pikir kalian sudah bisa mengerti terkait pertanyaan yang sudah kami rumuskan diatas.

Intinya, setiap Smartphone Android itu bisa berbeda-beda, apalagi Smartphone Android tersebut berbeda merek, tetapi perbedaan tersebut tidak akan besar, melainkan mungkin hanya 10% saja paling besarnya perbedaan dari performa baterai dari Smartphone Android dengan spesfikasi baterai sejenis tersebut, hal ini wajar saja terjadi.

Mengingat, ada banyak hal yang memang menjadi faktor kenapa bisa performa konsumsi daya baterai dari Smartphone Android tersebut bisa berbeda-beda.

Akhir kata, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian, semua pertanyaan kalian bisa terjawab dengan jelas dan semoga hari kalian menyenangkan. P.AW ~ DRD

Thanks Sudah mampir ke blog Sepintar.com dan sudah membaca artikel berjudul Alasan kenapa Baterai Smartphone Android tidak tahan lama semoga bermanfaat. oh iya orang pintar itu meninggalkan jejak yuuk berkomentar

Comment Policy :
Berkomentarlah secara bijak dan bertanggung jawab.
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti yang di atur dalam UU ITE.
Buka Komentar
Tutup Komentar