Skip to main content

Wisata Pulau Tumbak Pulau yang Indah di Indonesia Timur

Pulau Tumbak, Surga Pulau Kecil di Timur Indonesia

Jika kamu ke Sulawesi Utara, jangan lewatkan liburan di Pulau Tumbak. Nama Tumbak sendiri diambil dari nama desa yang terdekat dari pulau tersebut. Tumbak berasal dari  akronim tumbuhan bakau yang hidup di sekitar Desa Tumbak.

Tak hanya Bunaken dan Siladen yang indah, tetapi Pulau Tumbak juga indah yang merupakan pulau tak berpenghuni. Di pulau ini, kamu bisa memancing, snorkeling dan diving serta menikmati indahnya pulau. Sebagai wisata yang belum banyak terekspos, pulau ini wajib dikunjungi karena tempatnya yang masih alami.

Pulau Tumbak, Surga Pulau Kecil di Timur Indonesia
Pulau Tumbak Pulau yang Indah di Indonesia Timur
Di bagian tenggara pulau ini terdapat bukit yang jadi destinasi favorit wisatawan. Di atas bukit ini bersemayam makam Syekh Abu Sahmad Baddar yang mana beliau dianggap sebagai sesepuh di Desa Tumbak itu. Di atas bukit, selain untuk berziarah di sana, kamu bisa melihat keeksotisan hamparan biru laut bermahkota langit biru dan bisa melihat gugusan pulau dari atas sini.

Selain bukit yang menjulang tinggi, kamu bisa melihat padang savana yang belum banyak terekspos dan dijamah oleh manusia.Rerimbunan pohon yang hijau sangat memanjakan mata. Tak hanya itu, suasana tenang di dalam pulau ini dapat kamu temui di padang savana ini.

Pulau Tumbak, Surga Pulau Kecil di Timur Indonesia
Pulau Tumbak Pulau yang Indah di Indonesia Timur
Pulau Tumbak memiliki luas hanya 1 hektar. Meskipun hanya pulau kecil yang tak berpenghuni, pulau ini tidak boleh diremehkan. Keindahan bawah laut Pulau Tumbak sangat memukau palagi ditemani beragam jenis ikan, beragam warna dan jenis terumbu karang, hingga biota laut lainnya. Cocok bagi kamu yang suka snorkeling.

Pulau Tumbak, Surga Pulau Kecil di Timur Indonesia
Pulau Tumbak Pulau yang Indah di Indonesia Timur
Kaya dengan spot snorkeling, bukan berarti kamu nggak bisa melakukan aktifitas lainnya, lho! Kamu bisa berenang, memancing hingga diving. Pulau Tumbak menghadirkan paket wisata bahari lengkap, bukan?

Keindahan bawah laut Pulau Tumbak dapat membuka mata dunia, tak hanya Taman Nasional Bunaken. Tumbak juga wajib dikunjungi. Keindahan dalam lautnya juga patut diacungi jempol. Tidak heran kalau banyak pencinta aktivitas diving berkunjung ke sini. Dan, tidak sedikit yang telah datang berkali-kali ke sini tanpa bosan.

Lokasi Pulau Tumbak

Pulau ini yang secara administratif termasuk wilayah Desa Tumbak, di Kecamatan Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Berikut adalah peta lokasi pulau ini kalau dilihat via Google Maps:

Cara Menuju ke Pulau Tumbak

Untuk dapat mengunjungi Pulau Tumbak, dari pusat Kota Medan menempuh waktu sekitar tiga jam perjalanan tepatnya memiliki jarak 90 km perjalanan darat. Lewat Jalan Poros – Manado, ketika kamu sampai di ujung Jalan Ratahan yang berupa pertigaan, beloklah ke kiri yaitu Jalan Wioli. Di sini kamu akan dimanjakan dengan hijaunya hutan karena perjalanan ini membelah kawasan hutan.

Sesampainya di Desa Tumbak, kamu harus menyewa perahu menuju pulau tak berpenghuni itu. Mengingat penduduk di sekitar desa berprofesi sebagai nelayan, jasa penyewaan perahu motor ini sangat marak di dermaga. Jadi kamu tak perlu khawatir dengan penyewaan perahu. Setelah itu, dengan perahu motor warga, kamu akan menuju ke Pulau Tumbak.

Tak perlu lama, hanya 10 menit, kamu bisa melihat indahnya Pulau Tumbak karena jaraknya yang dekat dengan desa. Di sini kamu bisa melakukan aktifitas apapun yang berkaitan dengan wisata bahari. Cukup menarik, bukan?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar